“Air Soda” Wisata Terlangka di Indonesia

“Air Soda” Wisata Terlangka di Indonesia

Sambil menyelam, minum air. Tentu kita sudah sangat akrab dengan peribahasa tersebut. Peribahasa tersebut memiliki makna konotasi yang berarti dapat mengerjakan dua atau tiga pekerjaan sekaligus. Namun, apa jadinya kalau peribahasa tersebut bermakna denotasi? Bisakah kita menyelam sekaligus meminum air? Hal itu tidak akan mustahil lagi jika Anda berkunjung ke tempat pemandian “Air Soda”. Ya, seperti namanya, pemandian ini berisi air dengan gelembung-gelembung soda murni yang berasal dari alam. Bak ribuan botol minuman bersoda yang dituangkan kedalam kolam, Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa jika berenang di kolam ini. Tempat wisata yang langka dan menarik ini tepat berada di Desa Parbubu Tangga, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (titik koordinat : 2.000699,98.965887). Pemandian yang terletak dekat dengan areal persawahan ini berjarak 1 km dari pusat Kota Tarutung.

Pemandian air soda ini ditemukan pada tahun 1973 oleh Ibu Minar Sihite. Sebelumnya, Bu Minar yang bekerja sebagai bidan ini tinggal di Jakarta bersama dengan saudara-saudaranya. Kemudian mertua Bu Minar menyuruhnya agar kembali ke Tarutung bersama dengan suaminya dan meninggalkan pekerjaannya sebagai bidan pada tahun 1965. Hal ini dilakukan semata-mata karena Bu Minar sangat menghormati mertuanya. “Dahulu, tempat pemandian ini merupakan tempat yang tidak terawat bahkan banyak penduduk setempat yang tidak berani mendatangi tempat ini.” Tutur nenek yang sudah berumur 81 tahun ini. Awalnya, Bu Minar hanya berjalan-jalan di sekitar tempat tersebut lalu menemukan mata air di tumpukan batu-batu yang besar. Sejak itu, Bu Minar membangun pemandian yang dikenal dengan “Air Soda” bersama dengan suaminya Pak Tobing. Hingga sekarang, tempat wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun turis mancanegara.

Pemandian air soda ini memiliki nama lain dalam bahasa Batak yaitu “Aek Rara”. Pemandian ini merupakan tempat wisata yang sangat langka karena air soda hanya terdapat 2 di dunia: di Indonesia dan di Filipina. Jadi, kita tidak perlu menghabiskan banyak budget ke luar negeri hanya untuk menikmati sensasi air soda. Menariknya, untuk harga sendiri, Anda tidak perlu merogoh kocek karena biaya masuk pemandian air soda adalah gratis, tetapi Anda harus membeli makanan yang dijual oleh pemilik air soda dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, kita akan mendapat manfaat jika berendam di air soda ini seperti dapat mengobati rematik, asam urat, gatal-gatal serta memperhalus kulit. Anda juga dapat merasakan keindahan pegunungan yang berada di depan kolam ini sambil berenang dengan udara sejuk dari pohon-pohon rindang di sekitar kolam.

Souvenir yang ditawarkan sebagai oleh-oleh dari tempat pemandian ini juga terbilang murah. Seperti baju yang dijual seharga Rp40.000,00 dan juga kacang sihobuk yang merupakan oleh-oleh khas Kota Tarutung seharga Rp10.000,00. Jadi, tunggu apalagi? Segera jadwalkan liburanmu ke tempat pemandian air soda ini tanpa harus pergi ke luar negeri!